Langsung ke konten utama

Bersyukur untuk Menjadi Lebih Baik

Nah, kelanjutan dari tulisan saya: BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK, adalah melanjutkan dengan BERSYUKUR UNTUK MENJADI LEBIH BAIK.
Apa saja sih yang harus di syukuri? Banyak sekali, dengan segala keterbatasan kita, semua yang kita merasa kurang, jika kita lihat secara positif, pasti ada yang kita syukuri, tentunya bersyukur ini untuk membuat perasaan menjadi lebih baik, dan tetap akan berubah menjadi lebih baik…. J
  • Diri. Dengan segala yang ada di tubuh kita, syukurilah, bahwa kita masih sehat, masih mempunyai anggota yang lengkap, dll (pasti ada yang bias kita syukuri dari tubuh kita, ingat, selalu positif). Lihat diluar sana, bahwa masih ada yang sedang sakit, anggota tubuh tidak lengkap dan sebagainya.
Setiap hari, pada saat membuka mata, segera bersyukur, kita masih dikasih kesempatan untuk beraktivitas dengan sehat, niatkan untuk menjaga tubuh di hari ini dan menggunakan untuk hal yang baik (uhuk….religius euii)
  • Sikap.  Setelah sadar, bahwa sikap kita masih memerlukan banyak perbaikan (banyak jelaknya maksudnya…hehe), segera bersyukur….lah kok bisa? Karena kita  menyadari bahwa kita memerlukan perbaikan. Akan parah sekali jika orang-orang bersikap jelek tetapi tidak sadar. So, segeralah melakukan perbaikan.
  • Perasaan.  Nah, ini  yang susah-susah gampang. Jika perasaan sedang jelek, beberapa orang susah merubahnya…buat yang susah, berdoalah (untuk yang muslim, sholat), percaya deh, dengan menyerahkan semuanya kepada ALLAH SWT, akan merubah perasaan kita (sedikit sih, tapi sudah bagus looh).
Lalu selanjutnya bagaimana? Kembali ke pikiran kita, berpikir positif! Dengan memikirkan hal-hal positif dan baik, akan merubah perasaan kita.
  • Komunikasi . Pastikan perasaan senang dulu, nah, untuk komunikasi jadi lebih mudah. Caranya, tersenyum! Masa sih? Bener!
Mulai dengan tersenyum kepada siapa saja, kenal atau tidak kenal (Hindari senyum-senyum sendiri yaaa…), contohnya, setiap pagi ketemu satpam gedung: bisa disapa dengan senyum dan ucapan “selamat pagi”, dijamin, pasti satpam nya akan senyum bales. Atau, jika sampai ke kantor lebih pagi, bisa memutar kantor dan bertemu dengan rekan kerja di area lain, sapa dan senyum kepada mereka. Mungkin aneh sih pada awalnya, tetapi saya sudah mencobanya dan ini bisa dilakukan.
·         Profesional.  Nah, ini lebih mudah jelasinnya. Jika kita masih bekerja, bersyukur masih ada yang mau memperkerjakan kita, jika kita mempunyai usaha sendiri, bersyukur usahanya masih berjalan.
Intinya, banyak hal yang bisa kita syukuri, dari ujung rambut kepala, sampai dengan ujung jempol kaki, jika dipikirkan sedikit, banyak sekali yang bisa di syukuri.
Untuk saya sendiri, setiap pagi, setelah bersyukur dengan hal-hal diatas, saya akan memandang anak-anak saya (biasanya sih masih tidur), dan bersyukur, bahwa saya diberikan 2 jagoan yang sehat yang akan menjadi penerus saya. Lalu, saya berjanji pada diri sendiri, apapun yang saya lakukan hari ini, adalah yang terbaik dari diri saya, demi masa depan mereka….amin
Saya yakin, jika bekerja keras, untuk hal yang lebih baik, untuk tujuan besar dan untuk anak-anak, pasti ALLAH SWT akan membantu, apapun caranya, pasti jadi baik untuk kita semua.
Pada akhirnya, kita sendiri yang harus menentukan, kita akan bahagia atau sedih hari ini, dan semua itu dimulai saat kita membukamata di pagi hari……(Yesssss!!!!)
Hmmm…..OK, serius banget eui jadinya, saya yakin, pasti berguna bagi orang lain.
O iya, buku Rhonda byrne dengan judul: The Magic, bagus banget untuk dibaca, karena saat  menulis ini, saya membelinya dan masih membacanya, dari awal saja, sudah sangatmenarik untuk dibaca, dan mengenai bersyukur….baca deh….bagus!!

Salam,
Created: 1 Apr 13, Finished: 3 Apr 13

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Menjelajahi Jerman: Melihat Negara Mandiri

  Kami sekeluarga mengunjungi Jerman di bulan Desember 2023, dengan antusiasme untuk mendatangi kota-kota besar di Jerman dan harapan untuk melihat keindahan dari kota-kota tersebut. Pastinya, ada keraguan dengan ketidakmampuan berbahasa Jerman. Kebetulan anak kami sudah tinggal selama sat tahun dan telah belajar Bahasa Jerman, sehingga ada keyakinan bahwa kami akan baik-baik saja. Kami menggunakan fasilitas mobile data dari Indonesia selama di Jerman sehingga kami tetap bisa mengakses internet selama kunjungan di Jerman ini. Karena itu, banyak hal yang bisa dicari di internet terkait dengan kota-kota di Jerman serta moda transportasi yang akan digunakan. Menjelajahi Keindahan Jerman Kami sudah mencatatkan rencana kunjungan ke kota-kota besar di Jerman; Berlin, Frankfurt, Cologne, , Hamburg dan lainnya. Kami juga menggunakan kereta api, trem dan bis sebagai sarana transportasi sehingga kami dapat melihat langsung bagaimana kehidupan dari orang-orang di Jerman. Sangat senang melihat bet

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa