Langsung ke konten utama

Raving Fans - Buku Karya Ken Blanchard & Sheldon Bowles

 

Saat ini, dunia usaha membutuhkan pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Pelanggan jenis ini memiliki pengalaman yang sangat positif dengan bisnis dan merasa sangat terhubung dengan merek tersebut. Mereka bahkan menjadi "penjual" secara alami dengan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Saya baru saja membaca buku dengan judul raving fans karya Ken Blanchard dan Sheldon Bowles. Raving fans adalah pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Menurut Blanchard dan Bowles, memiliki raving fans merupakan tujuan utama bagi bisnis, karena mereka tidak hanya menjadi pelanggan tetap, tetapi juga membantu memperluas jangkauan bisnis dan menciptakan citra positif yang kuat.

Berikut adalah ringkasan buku ini. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: "Menemukan Apa yang Pelanggan Inginkan", "Memberikan Layanan yang Sangat Luar Biasa", dan "Mengubah Pelanggan Menjadi Raving Fans".

1. Bagian pertama membahas pentingnya mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana memenuhi keinginan mereka. Hal ini melibatkan mengidentifikasi segmen pasar yang tepat dan mengembangkan produk atau layanan yang tepat untuk mereka.

Beberapa cara untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan seperti; mengadakan survei, meninjau umpan balik pelanggan, dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dapat membantu untuk memahami perspektif pelanggan.

 

2. Bagian kedua membahas bagaimana memberikan layanan yang sangat luar biasa kepada pelanggan. Hal ini melibatkan mempekerjakan orang yang tepat, memberikan pelatihan yang tepat, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung.

Pastinya, perusahaan harus mempekerjakan karyawan yang memenuhi kriteria tertentu dan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang tepat dalam memberikan layanan pelanggan. Pelatihan dan pengembangan diperlukan untuk memastikan karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan terbaru yang dibutuhkan untuk memberikan layanan yang unggul.

 

3. Bagian ketiga membahas bagaimana mengubah pelanggan menjadi raving fans. Ini melibatkan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa setiap kali mereka berinteraksi dengan bisnis anda.

Membangun hubungan dengan pelanggan dapat dilakukan seperti: melalui acara pelanggan, hadiah, atau promosi khusus.

Memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa: perusahaan harus terus memperbaiki pengalaman pelanggan mereka dan menawarkan nilai tambah, seperti fasilitas tambahan atau layanan gratis.

 

Menurut saya, buku "Raving Fans" memberikan pandangan yang berguna tentang bagaimana membangun pelanggan yang sangat setia dan memperkuat bisnis. Buku ini memberikan banyak contoh nyata dan strategi praktis yang dapat diterapkan oleh perusahaan dari semua ukuran dan industry.

 

Semoga bermanfaat, Jufiandi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Menjelajahi Jerman: Melihat Negara Mandiri

  Kami sekeluarga mengunjungi Jerman di bulan Desember 2023, dengan antusiasme untuk mendatangi kota-kota besar di Jerman dan harapan untuk melihat keindahan dari kota-kota tersebut. Pastinya, ada keraguan dengan ketidakmampuan berbahasa Jerman. Kebetulan anak kami sudah tinggal selama sat tahun dan telah belajar Bahasa Jerman, sehingga ada keyakinan bahwa kami akan baik-baik saja. Kami menggunakan fasilitas mobile data dari Indonesia selama di Jerman sehingga kami tetap bisa mengakses internet selama kunjungan di Jerman ini. Karena itu, banyak hal yang bisa dicari di internet terkait dengan kota-kota di Jerman serta moda transportasi yang akan digunakan. Menjelajahi Keindahan Jerman Kami sudah mencatatkan rencana kunjungan ke kota-kota besar di Jerman; Berlin, Frankfurt, Cologne, , Hamburg dan lainnya. Kami juga menggunakan kereta api, trem dan bis sebagai sarana transportasi sehingga kami dapat melihat langsung bagaimana kehidupan dari orang-orang di Jerman. Sangat senang melihat bet

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa