Langsung ke konten utama

Cari kesempatan untuk belajar di luar negeri sejak usia muda


Sebagai orangtua, saya mempersiapkan dana untuk pendidikan terbaik untuk anak saya. Mengingat saya menjalani Pendidikan di Indonesia, saya tentunya menyadari Pendidikan adalah hal penting yang perlu diberikan untuk anak saya.

Seiring waktu, saya melihat biaya Pendidikan di Indonesia cukup besar, terutama jika ingin memberikan Pendidikan terbaik untuk anak. Saya juga menyadari, bahwa tidak semua anak diberikan kemampuan untuk mendapatkan jalur Pendidikan ke universitas negri secara langsung, sehingga bisa bersekolah dengan biaya yang lebih terjangkau.

Lalu saya terpikir untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai sekolah di luar negeri, ternyata, banyak sekali manfaat yang bisa diberikan jika anak mendapatkan kesempatan bersekolah di luar negeri, antara lain:

  1. Memperluas Wawasan Budaya. Belajar di luar negeri sejak usia muda memberikan kesempatan unik untuk memperluas wawasan budaya. Anak anda akan terlibat dalam interaksi dengan masyarakat lokal, menjalani gaya hidup yang berbeda, dan mengalami adat istiadat serta tradisi yang unik. Pastinya, akan mengasah perspektif dari anak anda tentang dunia, menghargai keberagaman, dan meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
  2. Menguasai Bahasa Asing. Anak saya saat ini belajar di Jerman, dia menguasai Bahasa Jerman level B1 dan lulus ujian bersertifikasi dari Goethe di Indonesia. Dengan demikian, satu hal yang pasti, berbahasa Jerman dan tinggal di Jerman akan melatih dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa tersebut, tentunya  dapat membuka peluang pekerjaan yang lebih luas dan memperluas jaringan internasional.
  3. Meningkatkan Kemampuan Intelektual. Belajar di luar negeri memungkinkan anak untuk mengakses sistem pendidikan yang berkualitas tinggi dengan fokus pada disiplin ilmu tertentu. Sudah diketahui secara umum, sekolah di Jerman adalah memiliki system yang cukup sulit untuk lulus. Bahkan, banyak orang Jerman yang lebih memilih jurusan advokasi bersertifikat untuk keahlian dari pada kuliah di Universitas. Diharapkan, dengan bersekolah di negara tertentu, akan meningkatkan kemampuan intelektual anak.
  4. Membangun Jaringan Internasional. Dengan belajar di luar negeri sejak usia muda, pastinya akan mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan teman sekolah dari manca negara lainnya. Ini memberikan kesempatan emas untuk membangun jaringan internasional yang berharga. Jaringan ini bisa menjadi aset berharga di masa depan, baik dalam hal kolaborasi proyek, kerjasama bisnis, atau menciptakan peluang karir internasional.
  5. Memperoleh Kematangan Pribadi dan Kemandirian. Belajar di luar negeri sejak usia muda melibatkan hidup mandiri dalam lingkungan yang baru dan tanpa dukungan keluarga dekat. Ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan kematangan pribadi, kemandirian, serta rasa tanggung jawab yang tinggi. Anak anda akan belajar mengelola kehidupan sehari-hari, mengatasi tantangan dengan kepercayaan diri, dan menjadi pribadi yang lebih mandiri.Tentunya, akan banyak teman-teman senasib dari Indonesia yang juga belajar di Jerman, dan ini mendekatkan hubungan pertemanan mereka.

Banyak website yang menjelaskan mengenai beasiswa dari negara-negara asing untuk pelajar di Indonesia. Banyak syarat yang wajib dipenuhi, dan ini mungkin didapatkan oleh pelajar di Indonesia. Faktanya, banyak pelajar indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa.

Kalaupun tidak mendapatkan beasiswa, berdasarkan perhitungan kasar yang saya buat, kuliah di Jerman cukup terjangkau, terutama jika sebagai orangtua, anda sudah mempersiapkan dana kuliah tertentu untuk anak anda.

Pastinya, harapan saya adalah anak saya menjadi anak dengan kemampuan dan kepribadian yang lebih baik, serta Bahagia dengan kesempatan bisa kuliah di luar negeri. Hal yang mana saya tidak mendapatkan kesempatan tersebut dulu.

 

Semoga bermanfaat,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Menjelajahi Jerman: Melihat Negara Mandiri

  Kami sekeluarga mengunjungi Jerman di bulan Desember 2023, dengan antusiasme untuk mendatangi kota-kota besar di Jerman dan harapan untuk melihat keindahan dari kota-kota tersebut. Pastinya, ada keraguan dengan ketidakmampuan berbahasa Jerman. Kebetulan anak kami sudah tinggal selama sat tahun dan telah belajar Bahasa Jerman, sehingga ada keyakinan bahwa kami akan baik-baik saja. Kami menggunakan fasilitas mobile data dari Indonesia selama di Jerman sehingga kami tetap bisa mengakses internet selama kunjungan di Jerman ini. Karena itu, banyak hal yang bisa dicari di internet terkait dengan kota-kota di Jerman serta moda transportasi yang akan digunakan. Menjelajahi Keindahan Jerman Kami sudah mencatatkan rencana kunjungan ke kota-kota besar di Jerman; Berlin, Frankfurt, Cologne, , Hamburg dan lainnya. Kami juga menggunakan kereta api, trem dan bis sebagai sarana transportasi sehingga kami dapat melihat langsung bagaimana kehidupan dari orang-orang di Jerman. Sangat senang melihat bet

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa