Langsung ke konten utama

Finally, I finished my First Triathlon....it was AWESOME!


Seperti sudah diceritain sebelumnya, saya kan ikutan triathlon nih, nah, eventnya tanggal 18 May 13. Jadi, sejak awal May 13, saya sudah menghitung hari, untuk menuju tanggal bersejarah dalam hidup saya, untuk pertama kalinya saya mengikuti triathlon dengan jarak: berenang 750m, bersepeda 20km dan diakhiri dengan berlari 5km. Berikut halp-hal yang saya lakukan menjelang hari H nya…
PERSIAPAN
Saya mempersiapkan semuanya dengan seksama, saya sudah memastikan tiket pesawat, hotel (bayar sendiri looh, tanpa sponsor), serta penyewaan mobil, karena jarak hotel saya dengan tempat pertandingan kurang lebih 1 jam perjalanan.
Untuk perlengkapannya, saya membeli tas sepeda, setelah browsing di internet, saya mendapatkan tas sepeda yang lumayan terjangkau – setidaknya buat pemula. Lalu saya beli gas pump – CO2, ban dalam, pompa ban besar & kecil dan adaptor pompa. Lengkap deh….soalnya saya mau pastikan bahwa harus siap semuanya disana.
Lalu untuk hal-hal terkait dengan pertandingan sendiri, tentunya sudah dipelajari; saya mendatangi dan mendengarkan dengan seksama saat briefing mengenai lokasi di bintan yang diselenggarakan oleh panitia. Hal ini sangat penting karena kita perlu mengetahui ada apa di medan pertandingan nantinya. Saya juga melihat youtube untuk mengetahui cara cepat bongkar-pasang sepeda, mengetahui mengenai transisi area (tempat untuk mengambil sepeda setelah berenang dan menaruh sepeda sebelum lari). Hal-hal diatas saya ketahui karena saya berkomunikasi dengan para triathlon-er yang sudah berpengalaman dan dengan senang hati membagi cerita mengenai persiapan ini. Informasi seperti youtube, pompa gas – CO2 itu saya dapatkan dari mereka.
Akhirnya, hari yang ditunggu telah tiba, tanggal 16 May 13, saya berangkat menuju bintan dengan menggunakan airline Lion Air. Malamnya, dengan girangnya saya melipat & membungkus sepeda (dan sedikit bingung pastinya…hehe) lalu memasukkan kemobil, dan mempersiapkan bajunya….dan saya SIAP!!!
HARI BERSEJARAH
Lalu, di hari H, tanggal 18 May 13, saya telah sampai jam 6.30 setelah melalui perjalanan 1 jam dari hotel. Setelah tiba di lokasi, Nirwana Beach Hotel, saya langsung menuju ke transisi area dan meletakkan barang-barang serta sepeda disana. Nah kan, saya baru sadar, kelupaan membawa power gel (sejenis minuman energy) untuk event ini, anyway, namanya lupa, mau diapain? Ok, ya saya lupakan saja…hihi…
Lalu, saya di body marking, itu loh, yang ditulis-tulis di badannya seperti tattoo sementara. O iya, saya mendapatkan nomor urut S505, wuih nomor cantik ya…semoga hasilnya cantik….yang pasti ya saya ganteng….(wkwkwk…narsis keselip…) dan setelah itu….mulai berkumpul di start area untuk berenang…lalu….announcer nya (expatriate) berhitung: five, four, three, two, one…..GO!!!
BERENANG
Saya mulai berlari kepantai, lalu berenang, diluar dugaan, ombak nya besar! (yah, ga sebesar dibali yang bisa sampai 2 meter), tinggi ombak max, 1 meter, tetapi ini diluar dugaan karena di bintan itu di bulan May seharusnya tidak ada ombak. Jadinya, kaget lah, apalagi dengan banyaknya peserta yang menyebabkan jalur renang terbatas, kena tendang, kena tangan…ribet banget deh…yah, yang sudah berlatih gaya bebas, jadi susah nih, ok, ganti gaya dada, tapi apa yang terjadi!!! Karena ombak tinggi, setiap ambil nafas, ya kemasukan air laut….sampai susah nafas dan terpaksa pegangan dulu di tali pembatas (semoga ga kena diskualifikasi mikirnya.. J). Lah, terus gimana? Apakah harus berhenti? Minta tolong? Susah banget nih berenangnya?
Akhirnya dengan berpikir: sudah kecemplung, sudah berlatih, sudah bayar dan sudah sampai di eventnya gitu looh….ya harus maju terus…stop bentar, maju lagi, gaya dada, begitu sudah mendapatkan ruang, gaya bebas lagi, terus seperti itu, sampai akhirnya masuk finish untuk  berenang….setelah 750 meter berenang….fiuh…
SEPEDA
Lalu, masuk ke tempat sepeda, pakai sepatu, pakai baju, pakai helm (wajib, kalau tidak pakai kena penalty) dan pakai kacamata (biar keren…xixi..biar ga silau pastinya). Dan go! langsung sepedaan….dan ternyata, jalur sepedanya beda jauuuuuuuh sama jalur sepeda di car-free-day sudirman yang rata. Jalurnya naik-turun-naik-turun yang bikin paha mau copot…. akhirnya, dengan susah payah, masuk ke finish sepeda…
LARI
Aktivitas terakhir, lari!!! Yeay, I’m good in running, tapi, nanti dulu, biasanya kan pemanasan langsung lari, nah ini, pemanasan, berenang, sepeda dan baru lari…yah yang ada, paha kiri kram,, baru 2 km aja…ok, jalan dikit dulu…lalu coba lari….kram lagi….yang penting maju terus…sampai akhirnya finish juga….
FINISH
Wah…finish!!! Berarti selesai doong!!! Yeayyyy….masuk finish dengan berlari (tidak ditandu atau naik ambulance maksudnya..hehe)…wow, berdasarkan waktu resmi dari website bintan triathlon…terlihat 1:56:48….wowwwwww….dibawah 2 jam! O iya, saya men-targetkan 2 jam 30 menit tetapi melihat hasilnya sekarang ini…wow…seneng bangett!!
O iya, masuk finish langsung mendapatkan medali finisher – bahwa saya telah menyelesaikan sprint distance triathlon at Bintan. Lalu, dapat handuk kecil dingin dan akhirnya masuk ke rest area. Karena paha kiri kram, yah saya harus istirahat dulu sebentar baru akhirnya bersiap-siap.
KESAN & PESAN
Saya perjelas bahwa cerita di blog saya ini bukan bermaksud untuk sombong bahwa saya bisa ikut triathlon. Yang saya mau ceritakan adalah: jika sudah berniat, dilakukan dan SELESAIKAN
Dari awal saya tulis, bahwa saya niatkan untuk triathlon ini, lalu saya lakukan dengan mendaftarkan diri, mempersiapkan hotel dan lain-lainnya termasuk yang terpenting adalah mempersiapkan diri dan mental. Jika MAU, PASTI BISA, NIATKAN dan LAKUKAN!!! Lalu, SELESAIKAN!!!
Wah, banyak kendala yang saya rasakan serta alami, tetapi tidak perlu diceritakan karena apa? Karena SAYA FOCUS DI TUJUAN AKHIR SAYA. Tidak masalah berapa banyak masalah yang saya alami, tidak penting jika saya males, lalai, dan lain-lainnya….tetapi saya tetap focus pada tujuan akhir dan saya BERHASIL!!!
Salam, semoga bisa memberikan inspirasi buat yang lain

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Menjelajahi Jerman: Melihat Negara Mandiri

  Kami sekeluarga mengunjungi Jerman di bulan Desember 2023, dengan antusiasme untuk mendatangi kota-kota besar di Jerman dan harapan untuk melihat keindahan dari kota-kota tersebut. Pastinya, ada keraguan dengan ketidakmampuan berbahasa Jerman. Kebetulan anak kami sudah tinggal selama sat tahun dan telah belajar Bahasa Jerman, sehingga ada keyakinan bahwa kami akan baik-baik saja. Kami menggunakan fasilitas mobile data dari Indonesia selama di Jerman sehingga kami tetap bisa mengakses internet selama kunjungan di Jerman ini. Karena itu, banyak hal yang bisa dicari di internet terkait dengan kota-kota di Jerman serta moda transportasi yang akan digunakan. Menjelajahi Keindahan Jerman Kami sudah mencatatkan rencana kunjungan ke kota-kota besar di Jerman; Berlin, Frankfurt, Cologne, , Hamburg dan lainnya. Kami juga menggunakan kereta api, trem dan bis sebagai sarana transportasi sehingga kami dapat melihat langsung bagaimana kehidupan dari orang-orang di Jerman. Sangat senang melihat bet

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa