Langsung ke konten utama

Males bikin Kreatif



Masak sih? Males itu bisa bikin kreatif? Ya, benar! Bisa aja terjadi dan itu lebih kearah pola pikir loh…
Wah? Gimana sih? Kok malah pola pikir?
Hehe….jadi begini, apakah ada saat kita begitu parahnya harus menerima banyak tanggung jawab dipekerjaan? Begitu banyak tugas-tugas yang harus  diselesaikan? Begitu banyak janji yang harus dipenuhi?  Jika ya? Nah, terapkan lah pola pikir males ini?
Jadi gimana? Pola pikir males bikin kreatif ini maksudnya, kita pikirkan langkah tersingkat, termudah, dan tersantai untuk menyelesaikannya. Hal-hal ini bisa dibagi menjadi beberapa kategori:
1)     Hal-hal kritis
2)     Hal-hal non kritis
3)     Hal-hal yang bisa didelegasikan
4)     Hal-hal yang bisa dilupakan
Waduh? Akhirnya jadi serius kerja juga yah? Ya iya laaaaah……emang nya mau ditinggalin kerjaan nya? Kecuali emang sudah di niatkan untuk menjadi pengusaha atau pindah kerja atau hal-hal lainnya…ya semuanya tetap harus dikerjakan…J

Ok, lalu selanjutnya bagaimana? Jadi begini: untuk membagi menjadi kategori dibawah ini, tentunya harus dibuatkan daftar pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan serta dibagi dengan kategori:
1)     Hal-hal kritis. Kritis = penting = jika tidak selesai fata! Nah, pastikan anda melakukan evaluasi pekerjaan dengan memastikan:
·         Pekerjaan ini adalah tugas utama anda. Jika anda adalah akuntan -> laporan keuangan. Jika anda adalah engineer -> perawatan mesin, dll
·         Pekerjaan ini adalah menentukan karir anda
·         Pekerjaan ini ditugaskan langsung oleh bos anda
·         Andalah yang mempunyai keahlian serta pengalaman untuk pekerjaan ini.

2)     Hal-hal non kritis. Nah kalau ini ya, semua yang tidak termasuk di point 1 tetapi tetap menjadi tanggung jawab anda pastinya. Contohnya:
·         Pekerjaan administrasi yang terkait dengan anak buah anda. Contoh untuk engineer: absensi, laporan shift, jadwal perawatan mesin, dll
·         Jenis pekerjaan yang terkait dengan pihak ketiga (vendor, dept lain, dll)

3)     Hal-hal yang bisa didelegasikan. Nah, nulisnya sih gampang, tetapi pengalaman saya sendiri bilang kalau hal ini adalah sulit dilakukan dikarenakan kita terkadang merasa  bisa melakukan semuanya. Tetapi, anda harus lakukan delegasi dengan berdasarkan kepada:
·         Pekerjaan tersebut tidak berpengaruh terhadap karir anda. Jika anda harus membuat laporan absen, ngapain anda repot-repot bikin? Mintakan kepada admin, HR, etc
·         Pekerjaan tersebut menjadi tanggung jawab team anda atau dept lain. Jika anda sadar scope of work anda serta mengerti tugas utama anda dan team anda atau dept lain, segera delegasikan pekerjaan ini kepada mereka.

4)     Hal-hal yang bisa dilupakan dan ditolak. Akhirnya, anda harus lupakan pekerjaan ini atau bahkan anda harus tolak. Masa bisa menolak pekerjaan?  Yah, anda harus melupakan serta menolak dengan cerdas tanpa terlihat anda sudah bosan kerja diperusahaan tersebut. Anda harus bisa mengkomunikasikan hal ini dengan baik. Hal-hal yang bisa kita tolak adalah sbb:
·         Ide-ide iseng dari atasan atau team. Dalam perusahaan yang masih belum mempunyai organisasi yang kuat dalam R&D, kadang banyak ide yang susah diterapkan dan tidak dibuatkan hal-hal khusus untuk menyelesaikannya. Contoh:
a)  Ide meningkatkan penjualan, tetapi tidak menambah insentif, menambah team kerja, menambah promosi, intinya, tidak memberikan solusi yang cukup. Jika pihak management bersikeras, maka sebaiknya lupakan saja.
b) Ide meningkatkan tingkat pengawasan, tetapi tidak ada yang setuju untuk ditambah pekerjaannya, tidak ada yang mau bekerja lebih untuk menyelesaikannya. Semua hanya ke anda. Well, sebaiknya anda harus smart melihat jangka panjang nya untuk hal ini.
c) Dan lain-lain
·         Pekerjaan tambah diluar job description. Anda pasti sudah mengerti maksudnya, jika anda mengerti job description anda. Jika anda tidak punya job description yang di tanda tangani oleh anda dan management, segera dibuat! Ingat! Anda bekerja untuk uang kan? Untuk karir, untuk kesejahteraan yang lebih baik, untuk lingkungan yang lebih baik. Nah, jika ya, anda harus pastikan semua yang anda kerjakan sesuai dengan job description anda.
Hal penting: Ingat! Anda harus sadar mengenai target masa depan anda, benar-benar pilih jenis pekerjaan yang anda akan tolak.
Contoh: jika bos anda menawarkan untuk menghandle masalah keuangan, yang anda tahu bahwa selama ini pekerjaa ini hanya dipegang oleh bos anda, TERIMA SAJA! Karena berarti dia sedang melakukan percobaan kepada anda untuk mengambil alih pekerjaan dia. Yang artinya, anda mempunyai kesempatan untuk naik.

Ok, Ok, pada akhirnya, semua harus kerja…hehe…yah, itulah hidup, yang kerja keras akan dapat lebih, yang kerja cerdas, akan dapat lebih, tetapi, semuanya tetap harus dikerjakan.
Lalu, selanjutnya, pastinya kita harus yakin bahwa apapun yang kita lakukan akan memberikan hasil yang lebih baik, karena, ngapain amat udah kreatif tapi malah jadi merugikan perusahaan....itu salah sasaran artinya...

Kalau saya, terkadang saya melakukan hal yang saya namakan stop & think (berhenti dan berpikir). Saya hentikan semua pekerjaan dan saya pikirkan baik-baik.
Saya harus akui, kemampuan saya terbatas, setelah semua hal saya lakukan, saya harus berhenti dan berpikir, apakah yang saya lakukan ini sudah benar, aka nada hasil dan bisa diselesaikan.
Eh iya, kesimpulan nya? Hihi….ya males itu bikin kreatif dengan syarat anda tetap menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugas utama anda. Dengan cara yang lebih cepat, lebih cerdas dan lebih positif
Salam Sukses,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Menjelajahi Jerman: Melihat Negara Mandiri

  Kami sekeluarga mengunjungi Jerman di bulan Desember 2023, dengan antusiasme untuk mendatangi kota-kota besar di Jerman dan harapan untuk melihat keindahan dari kota-kota tersebut. Pastinya, ada keraguan dengan ketidakmampuan berbahasa Jerman. Kebetulan anak kami sudah tinggal selama sat tahun dan telah belajar Bahasa Jerman, sehingga ada keyakinan bahwa kami akan baik-baik saja. Kami menggunakan fasilitas mobile data dari Indonesia selama di Jerman sehingga kami tetap bisa mengakses internet selama kunjungan di Jerman ini. Karena itu, banyak hal yang bisa dicari di internet terkait dengan kota-kota di Jerman serta moda transportasi yang akan digunakan. Menjelajahi Keindahan Jerman Kami sudah mencatatkan rencana kunjungan ke kota-kota besar di Jerman; Berlin, Frankfurt, Cologne, , Hamburg dan lainnya. Kami juga menggunakan kereta api, trem dan bis sebagai sarana transportasi sehingga kami dapat melihat langsung bagaimana kehidupan dari orang-orang di Jerman. Sangat senang melihat bet

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa