Langsung ke konten utama

Merayakan Milestone: Pencapaian di Usia 50 Tahun

Wow! Saya berusia 50 tahun hari ini! Saya bersyukur telah melewati berbagai pengalaman hidup, baik suka maupun duka. Pada kesempatan ini, saya menuliskan perjalanan hidup dengan menggunakan Wheel of Life, sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Paul J. Meyer, seorang pengusaha, penulis, dan pembicara motivasi dari Amerika.

Wheel of Life: Wheel of Life adalah sebuah visualisasi yang membagi kehidupan menjadi beberapa area kunci, seperti kesehatan, karier, hubungan, keuangan, dan lain-lain. Dengan memberikan skor pada setiap area, akan terlihat secara keseluruhan seberapa seimbang dan bahagia hidup kita. Berikut gambar dari wheel of life dengan area-area kuncinya:

Berdasarkan wheel of life, berikut pencapaian saya di usia 50 tahun ini: 

1.       Relationship: saya memiliki hubungan yang kuat dengan istri dan anak-anak saya. Hubungan saya sangat baik dengan istri yang secara terbuka saling bercerita dan saling mendukung kebutuhan kami berdua. Hubungan saya dengan anak-anak sangat menyenangkan, mereka bisa menganggap kami (saya dan istri) sebagai teman dan percaya kepada kami berdua.

2.       Karier: focus karir saya di Facility Management selama 20 tahun dan saat ini saya dipercaya untuk mengelola department Facility Management dan menjadi ketua Asosiasi Facility Management. Saya beruntung memiliki banyak teman dan anggota team yang saling mendukung dan saya diberikan kesempatan untuk membantu team kerja yang berprestasi.

3.       Kesehatan fisik yang lebih baik: pagi ini saya masih bisa berlari sejauh 18 km dan setelah cukup beristirahat, masih bisa berjalan dan bertemu dengan keluarga. Saya sedang belajar untuk hidup sehat dan aktif berolahraga.

4.       Kesehatan mental: saya bersyukur bisa memiliki Kesehatan mental yang baik terutama selalu memiliki perasaan positif, memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, teman, dan komunitas, mampu mengatasi stress dan memiliki rasa percaya diri yang baik.

5.       Spiritual. Saya masih harus belajar lebih baik lagi untuk hal ini. Saat ini, saya merasakan koneksi yang kuat dengan alam semesta dan Tuhan, mampu mengetahui nilai-nilai, kekuatan, dan kelemahan diri serta dapat melepaskan ego saya dalam berkomunikasi dengan orang lain.

6.       Finansial: saya memiliki pendapatan yang cukup untuk kehidupan sehari-hari, menabung dan memiliki asset berupa rumah. 

7.       Rekreasi atau hobi. Saat ini hobi saya masih berlari dan membaca buku mengenai pengembangan diri. Rata-rata berlari di 30 km per minggu dan menyelesaikan minimal 1 buku per bulannya.

8.       Pertumbuhan pribadi: saya merasa bersemangat sekali mencapai usia 50 ini dan di tahun ini, bersamaan dengan mendapatkan sertifikasi BNSP untuk Auditor Energi dan Trainer, saya masih ingin mengembangkan keahlian tersebut.

Di usia 50 tahun ini, saya merasa telah diberikan kesempatan untuk menjadi orang baik, bermanfaat bagi beberapa orang, menyadari bahwa masih perlu belajar untuk lebih baik serta selalu ingat adanya Tuhan. Saya masih punya cita-cita yang perlu dicapai untuk 20-30 tahun mendatang dan pastinya, saya menyadari bahwa masih memiliki banyak kekurangan yang perlu diperbaiki.

Saya menyadari bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan perjalanan yang telah dilalui, merayakan pencapaian, dan merencanakan masa depan yang lebih cerah. Dengan pengalaman dan kebijaksanaan yang saya miliki, saya akan membuat dan mengejar Impian baru saya, saya akan membangun hubungan yang lebih dalam dengan istri dan anak-anak saya, dan saya ingin memberikan kontribusi yang lebih berarti bagi Masyarakat, khususnya dunia praktisi Facility Management.

Semangat! Saya pasti bisa!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa

RINGKASAN HASIL BACA BUKU 13 PRINSIP PENTING DALAM PENJUALAN – JOE GIRARD

Halo Semua, Setelah sekian lama belum menuliskan hal-hal yang bisa menjadikan tindakan untuk mencapai kesempurnaan (Action to Chase Excellent), saya menilai buku 13 PRINSIP PENTING DALAM PENJUALAN – JOE GIRARD ini adalah buku yang berisikan informasi sangat lengkap dan rinci untuk hal-hal yang perlu dilakukan dalam mendapatkan penjualan baik penjualan produk anda atau penjualan potensi diri anda. Berikut ringkasannya: PERSIAPAN Persiapan selalu dimulai dari diri sendiri, dan persiapan itu adalah: 1)       Buat pilihan sehat Olahraga   Memiliki kebiasaan baik   Memiliki pola hidup sehat 2)       Bersikap positif Menelpon lebih banyak Menindaklanjuti kontak dengan lebih serius Memperbanyak surat langsung Memperluas kontak 3)       Tata hidup anda (Mengelola waktu) Mempersiapkan daftar prospek dan hubungi Membuat janji   Memiliki informasi mengenai prospek Menata dokumentasi sehingga mudah menemukan informasi Membuat skala prioritas Menentukan target