Langsung ke konten utama

RINGKASAN HASIL BACA BUKU 13 PRINSIP PENTING DALAM PENJUALAN – JOE GIRARD

Halo Semua,
Setelah sekian lama belum menuliskan hal-hal yang bisa menjadikan tindakan untuk mencapai kesempurnaan (Action to Chase Excellent), saya menilai buku 13 PRINSIP PENTING DALAM PENJUALAN – JOE GIRARD ini adalah buku yang berisikan informasi sangat lengkap dan rinci untuk hal-hal yang perlu dilakukan dalam mendapatkan penjualan baik penjualan produk anda atau penjualan potensi diri anda. Berikut ringkasannya:


PERSIAPAN
Persiapan selalu dimulai dari diri sendiri, dan persiapan itu adalah:



1)      Buat pilihan sehat

  • Olahraga 
  • Memiliki kebiasaan baik 
  • Memiliki pola hidup sehat

2)      Bersikap positif
  • Menelpon lebih banyak
  • Menindaklanjuti kontak dengan lebih serius
  • Memperbanyak surat langsung
  • Memperluas kontak
3)      Tata hidup anda (Mengelola waktu)
  • Mempersiapkan daftar prospek dan hubungi
  • Membuat janji
  •  Memiliki informasi mengenai prospek
  • Menata dokumentasi sehingga mudah menemukan informasi
  • Membuat skala prioritas
  • Menentukan target
4)      Di tempat kerja, bekerja
  • Di tempat kerja, bekerja
  • Di tempat tidur, tidur
  • Di tempat makan, makan
  • Di tempat bermain, main
  • Memiliki agenda rutin
5)      Larangan Girard
  • Matikan ponsel
  • JANGAN TERLAMBAT
  • JANGAN merokok
  • JANGAN menguyah permen karet
  • JANGAN memakai parfum yang terlalu tajam
  • JANGAN berbicara kotor
  • JANGAN berguyon jorok
  • JANGAN berbau alcohol
  • JANGAN memakai anting
6)      Berdandan
  • Pastikan diri terawat: berat ideal dan sikap badan yang proporsional
  • Penampilan Jutawan: pakaian kualitas terbaik, memiliki koleksi busana lengkap, berpakaian sesuai acara dan rawat pakaian dengan benar
BERINTERAKSI
7)      Menyimak
  • Buka telinga, tutup mulut
  • Simak dengan semua indra
  • Dengarkan
  • Diam
8)      Senyum
  • Tersenyumlah dengan hati
  • Paksakan untuk tersenyum
  • Humor
  • Tersenyum lebar
9)      Jaga kontak
  •  Bertemu langsung, Telpon, Tertulis
  •  Balas email & telpon segera
  • Jangan pernah terlambat atau membatalkan janji tanpa melakukan jadwal ulang
  •   Berikan pelanggan sesuatu yang tidak mereka duga
10)   Sampaikan kebenaran
  • Jujur pada diri sendiri, jika secara perasaan anda merasa ada yang salah, maka ikuti saja perasaan itu 
  •  Pikir dua kali sebelum berbicara
  •  Pikirkan cara lain untuk mengatakannya
  • Bungkus kebenaran dengan kebaikan
SELESAIKAN TRANSAKSI
11)   Kunci setiap peluang
  • Pastikan anda dipercaya
  •  Pastikan pelanggan merasa nyaman dengan anda
  •  Berikan solusi
12)   Berdiri di depan segala sesuatu yang anda lakukan untuk orang lain
  • Buat janji yang bisa ditepati
  •  Pastikan bahwa pelanggan akan mencari anda untuk segala hal
  • Buat mereka istimewa
  • Tindak lanjut secara personal
ISTIRAHAT SEJENAK
13)   Beri hadiah untuk diri sendiri
  • Rayakan keberhasilan anda
  • Berlibur
  • Jangan “terlalu lama” menari di puncak gunung
 Pastinya, saat ini saya juga masih memperbaiki sikap saya dan berusaha menerapkan hal-hal bagus ini.

Selamat Mencoba,

Chase Excellent,

Jufiandi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadapi Masalahmu! Mengatasi Masalah dengan Bijaksana

Saya suka kesal kalau mengalami resah karena ada masalah yang datang, pastinya, masalah bisa datang kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Dan masalah ini sangat bervariasi, bisa masalah di kantor terkait kurangnya komunikasi, masalah dengan keluarga terkait kesal dengan salah satu keluarga jauh, atau masalah keuangan mengenai pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Yang bikin kesal sebenarnya perasaan resahnya, karena ternyata masalah ini datang tidak terduga, dan mengganggu pikiran. Ya, lalu mau bagaimana lagi? Akhirnya, masalah ini perlu dihadapi. Saya memiliki 5 teknik dalam menghadapi masalah ini: 1. Terapkan Go – No Go untuk masalah tersebut. Menurut saya, penerapan ini adalah bagian dari bersikap realistis terhadap masalah tersebut. Sebagai contoh:           - M asalah dengan saudara, misal perselisihan pendapat. Apakah perlu diselesaikan? Apakah bisa dibicarakan dulu? Apakah bisa dilupakan saja?           Untuk ha...

Rahasia Orang Sukses: Konsistensi adalah Kunci

Beberapa waktu kemarin, saya melihat link dari youtube ini mengenai Ray Kroc: https://www.youtube.com/watch?v=ocXP1pLeqLM , dalam video singkat ini, dia berbicara: “Now, I know what you're thinkin'. How the hell does a 52 year-old, over-the-hill milkshake machine salesman... build a fastfood empire with 16,000 restaurants, in 50 states, in 5 foreign countries... wtih an annual revenue of in the neighborhood of $700,000,000.00... One word... PERSISTENCE” Dalam Bahasa Indonesia: “Sekarang, aku tahu apa yang kamu pikirkan. Bagaimana bisa seorang sales mesin milkshake berusia 52 tahun... membangun kerajaan makanan cepat saji dengan 16.000 restoran, di 50 negara bagian, di 5 negara asing... dengan pendapatan tahunan sekitar $700.000.000,00(700 juta dollar!). .. Satu kata... PERSISTENSI” Penjelasan singkat untuk Ray Kroc, dengan nama lengkap, Raymond Albert Kroc (5 Oktober 1902 – 14 Januari 1984) adalah seorang pengusaha Amerika. Ia memperoleh perusahaan makanan cepat saji Mc...

5 Skill Penting untuk Mengoptimalkan Perjalananmu

Ingin liburan yang lebih bermakna? 5 skill ini akan membantumu mengenal budaya dan masyarakat setempat lebih dalam. Menjelajah dengan optimal. Siapa sih yang nggak suka menjelajahi tempat-tempat baru dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan? Tapi, untuk bisa menikmati perjalanan, kita butuh persiapan yang matang. Bukan cuma soal tiket dan paspor aja, ada beberapa skill penting yang harus dikuasai biar perjalananmu makin seru dan lancar. Kebetulan saya dan istri memiliki kesempatan untuk travelling di dalam dan di luar negri. Dan, istri saya sangat ahli dengan skill ini. Berikut 5 skill wajib yang harus dimiliki setiap traveler: 1. Master of Time Management: Jago Atur Waktu Traveling itu bukan cuma soal mengunjungi tempat wisata, tapi juga soal mengatur waktu dengan efektif. Perlu dilihat dan dipersiapkan dengan matang, waktu berangkat, waktu tunggu, waktu transit dan waktu menuju lokasi, baik itu hotel atau area wisata yang dituju. Pengaturan waktu perjalanan tanpa tour akan ...