Langsung ke konten utama

Raving Fans - Buku Karya Ken Blanchard & Sheldon Bowles

 

Saat ini, dunia usaha membutuhkan pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Pelanggan jenis ini memiliki pengalaman yang sangat positif dengan bisnis dan merasa sangat terhubung dengan merek tersebut. Mereka bahkan menjadi "penjual" secara alami dengan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Saya baru saja membaca buku dengan judul raving fans karya Ken Blanchard dan Sheldon Bowles. Raving fans adalah pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Menurut Blanchard dan Bowles, memiliki raving fans merupakan tujuan utama bagi bisnis, karena mereka tidak hanya menjadi pelanggan tetap, tetapi juga membantu memperluas jangkauan bisnis dan menciptakan citra positif yang kuat.

Berikut adalah ringkasan buku ini. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: "Menemukan Apa yang Pelanggan Inginkan", "Memberikan Layanan yang Sangat Luar Biasa", dan "Mengubah Pelanggan Menjadi Raving Fans".

1. Bagian pertama membahas pentingnya mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana memenuhi keinginan mereka. Hal ini melibatkan mengidentifikasi segmen pasar yang tepat dan mengembangkan produk atau layanan yang tepat untuk mereka.

Beberapa cara untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan seperti; mengadakan survei, meninjau umpan balik pelanggan, dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dapat membantu untuk memahami perspektif pelanggan.

 

2. Bagian kedua membahas bagaimana memberikan layanan yang sangat luar biasa kepada pelanggan. Hal ini melibatkan mempekerjakan orang yang tepat, memberikan pelatihan yang tepat, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung.

Pastinya, perusahaan harus mempekerjakan karyawan yang memenuhi kriteria tertentu dan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang tepat dalam memberikan layanan pelanggan. Pelatihan dan pengembangan diperlukan untuk memastikan karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan terbaru yang dibutuhkan untuk memberikan layanan yang unggul.

 

3. Bagian ketiga membahas bagaimana mengubah pelanggan menjadi raving fans. Ini melibatkan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa setiap kali mereka berinteraksi dengan bisnis anda.

Membangun hubungan dengan pelanggan dapat dilakukan seperti: melalui acara pelanggan, hadiah, atau promosi khusus.

Memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa: perusahaan harus terus memperbaiki pengalaman pelanggan mereka dan menawarkan nilai tambah, seperti fasilitas tambahan atau layanan gratis.

 

Menurut saya, buku "Raving Fans" memberikan pandangan yang berguna tentang bagaimana membangun pelanggan yang sangat setia dan memperkuat bisnis. Buku ini memberikan banyak contoh nyata dan strategi praktis yang dapat diterapkan oleh perusahaan dari semua ukuran dan industry.

 

Semoga bermanfaat, Jufiandi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hadapi Masalahmu! Mengatasi Masalah dengan Bijaksana

Saya suka kesal kalau mengalami resah karena ada masalah yang datang, pastinya, masalah bisa datang kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Dan masalah ini sangat bervariasi, bisa masalah di kantor terkait kurangnya komunikasi, masalah dengan keluarga terkait kesal dengan salah satu keluarga jauh, atau masalah keuangan mengenai pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Yang bikin kesal sebenarnya perasaan resahnya, karena ternyata masalah ini datang tidak terduga, dan mengganggu pikiran. Ya, lalu mau bagaimana lagi? Akhirnya, masalah ini perlu dihadapi. Saya memiliki 5 teknik dalam menghadapi masalah ini: 1. Terapkan Go – No Go untuk masalah tersebut. Menurut saya, penerapan ini adalah bagian dari bersikap realistis terhadap masalah tersebut. Sebagai contoh:           - M asalah dengan saudara, misal perselisihan pendapat. Apakah perlu diselesaikan? Apakah bisa dibicarakan dulu? Apakah bisa dilupakan saja?           Untuk ha...

Rahasia Orang Sukses: Konsistensi adalah Kunci

Beberapa waktu kemarin, saya melihat link dari youtube ini mengenai Ray Kroc: https://www.youtube.com/watch?v=ocXP1pLeqLM , dalam video singkat ini, dia berbicara: “Now, I know what you're thinkin'. How the hell does a 52 year-old, over-the-hill milkshake machine salesman... build a fastfood empire with 16,000 restaurants, in 50 states, in 5 foreign countries... wtih an annual revenue of in the neighborhood of $700,000,000.00... One word... PERSISTENCE” Dalam Bahasa Indonesia: “Sekarang, aku tahu apa yang kamu pikirkan. Bagaimana bisa seorang sales mesin milkshake berusia 52 tahun... membangun kerajaan makanan cepat saji dengan 16.000 restoran, di 50 negara bagian, di 5 negara asing... dengan pendapatan tahunan sekitar $700.000.000,00(700 juta dollar!). .. Satu kata... PERSISTENSI” Penjelasan singkat untuk Ray Kroc, dengan nama lengkap, Raymond Albert Kroc (5 Oktober 1902 – 14 Januari 1984) adalah seorang pengusaha Amerika. Ia memperoleh perusahaan makanan cepat saji Mc...

5 Skill Penting untuk Mengoptimalkan Perjalananmu

Ingin liburan yang lebih bermakna? 5 skill ini akan membantumu mengenal budaya dan masyarakat setempat lebih dalam. Menjelajah dengan optimal. Siapa sih yang nggak suka menjelajahi tempat-tempat baru dan merasakan pengalaman yang tak terlupakan? Tapi, untuk bisa menikmati perjalanan, kita butuh persiapan yang matang. Bukan cuma soal tiket dan paspor aja, ada beberapa skill penting yang harus dikuasai biar perjalananmu makin seru dan lancar. Kebetulan saya dan istri memiliki kesempatan untuk travelling di dalam dan di luar negri. Dan, istri saya sangat ahli dengan skill ini. Berikut 5 skill wajib yang harus dimiliki setiap traveler: 1. Master of Time Management: Jago Atur Waktu Traveling itu bukan cuma soal mengunjungi tempat wisata, tapi juga soal mengatur waktu dengan efektif. Perlu dilihat dan dipersiapkan dengan matang, waktu berangkat, waktu tunggu, waktu transit dan waktu menuju lokasi, baik itu hotel atau area wisata yang dituju. Pengaturan waktu perjalanan tanpa tour akan ...