Langsung ke konten utama

Raving Fans - Buku Karya Ken Blanchard & Sheldon Bowles

 

Saat ini, dunia usaha membutuhkan pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Pelanggan jenis ini memiliki pengalaman yang sangat positif dengan bisnis dan merasa sangat terhubung dengan merek tersebut. Mereka bahkan menjadi "penjual" secara alami dengan merekomendasikan bisnis tersebut kepada orang lain.

Saya baru saja membaca buku dengan judul raving fans karya Ken Blanchard dan Sheldon Bowles. Raving fans adalah pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Menurut Blanchard dan Bowles, memiliki raving fans merupakan tujuan utama bagi bisnis, karena mereka tidak hanya menjadi pelanggan tetap, tetapi juga membantu memperluas jangkauan bisnis dan menciptakan citra positif yang kuat.

Berikut adalah ringkasan buku ini. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: "Menemukan Apa yang Pelanggan Inginkan", "Memberikan Layanan yang Sangat Luar Biasa", dan "Mengubah Pelanggan Menjadi Raving Fans".

1. Bagian pertama membahas pentingnya mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana memenuhi keinginan mereka. Hal ini melibatkan mengidentifikasi segmen pasar yang tepat dan mengembangkan produk atau layanan yang tepat untuk mereka.

Beberapa cara untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan seperti; mengadakan survei, meninjau umpan balik pelanggan, dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dapat membantu untuk memahami perspektif pelanggan.

 

2. Bagian kedua membahas bagaimana memberikan layanan yang sangat luar biasa kepada pelanggan. Hal ini melibatkan mempekerjakan orang yang tepat, memberikan pelatihan yang tepat, dan menciptakan lingkungan kerja yang mendukung.

Pastinya, perusahaan harus mempekerjakan karyawan yang memenuhi kriteria tertentu dan memiliki keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang tepat dalam memberikan layanan pelanggan. Pelatihan dan pengembangan diperlukan untuk memastikan karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan terbaru yang dibutuhkan untuk memberikan layanan yang unggul.

 

3. Bagian ketiga membahas bagaimana mengubah pelanggan menjadi raving fans. Ini melibatkan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa setiap kali mereka berinteraksi dengan bisnis anda.

Membangun hubungan dengan pelanggan dapat dilakukan seperti: melalui acara pelanggan, hadiah, atau promosi khusus.

Memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa: perusahaan harus terus memperbaiki pengalaman pelanggan mereka dan menawarkan nilai tambah, seperti fasilitas tambahan atau layanan gratis.

 

Menurut saya, buku "Raving Fans" memberikan pandangan yang berguna tentang bagaimana membangun pelanggan yang sangat setia dan memperkuat bisnis. Buku ini memberikan banyak contoh nyata dan strategi praktis yang dapat diterapkan oleh perusahaan dari semua ukuran dan industry.

 

Semoga bermanfaat, Jufiandi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Merayakan Milestone: Pencapaian di Usia 50 Tahun

Wow! Saya berusia 50 tahun hari ini! Saya bersyukur telah melewati berbagai pengalaman hidup, baik suka maupun duka. Pada kesempatan ini, saya menuliskan perjalanan hidup dengan menggunakan Wheel of Life, sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Paul J. Meyer, seorang pengusaha, penulis, dan pembicara motivasi dari Amerika. Wheel of Life : Wheel of Life adalah sebuah visualisasi yang membagi kehidupan menjadi beberapa area kunci, seperti kesehatan, karier, hubungan, keuangan, dan lain-lain. Dengan memberikan skor pada setiap area, akan terlihat secara keseluruhan seberapa seimbang dan bahagia hidup kita. Berikut gambar dari wheel of life dengan area-area kuncinya: Berdasarkan wheel of life, berikut pencapaian saya di usia 50 tahun ini:  1.        Relationship: saya memiliki hubungan yang kuat dengan istri dan anak-anak saya. Hubungan saya sangat baik dengan istri yang secara terbuka saling bercerita dan saling mendukung kebutuhan kami berdua. Hubungan ...

Hadapi Masalahmu! Mengatasi Masalah dengan Bijaksana

Saya suka kesal kalau mengalami resah karena ada masalah yang datang, pastinya, masalah bisa datang kapan saja dalam kehidupan sehari-hari. Dan masalah ini sangat bervariasi, bisa masalah di kantor terkait kurangnya komunikasi, masalah dengan keluarga terkait kesal dengan salah satu keluarga jauh, atau masalah keuangan mengenai pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Yang bikin kesal sebenarnya perasaan resahnya, karena ternyata masalah ini datang tidak terduga, dan mengganggu pikiran. Ya, lalu mau bagaimana lagi? Akhirnya, masalah ini perlu dihadapi. Saya memiliki 5 teknik dalam menghadapi masalah ini: 1. Terapkan Go – No Go untuk masalah tersebut. Menurut saya, penerapan ini adalah bagian dari bersikap realistis terhadap masalah tersebut. Sebagai contoh:           - M asalah dengan saudara, misal perselisihan pendapat. Apakah perlu diselesaikan? Apakah bisa dibicarakan dulu? Apakah bisa dilupakan saja?           Untuk ha...

Aktivitas Fisik untuk Mengurangi Stres: Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Apakah kamu sering mengalami, pekerjaan di kantor yang bertumpuk, deadline yang sudah dekat serta masih baru 30% (bahkan belum mulai!). Pulang ke rumah dengan pikiran yang dipenuhi dengan tugas-tugas yang belum selesai, dan perasaan yang tegang dan gelisah. Saya sih, sering mengalami hal itu…. Jika saya memiliki banyak pikiran, kebetulan malah membuat badan menjadi Lelah, dan mudah tidur. Nah, sayangnya, saat bangun, pikiran-pikiran tadi masih ada. Bahkan tambah banyak, karena telah berganti hari dan masalah belum selesai. Untuk menghilangkan pikiran-pikiran tersebut, saya akan lakukan jogging di pagi hari minimal 30 menit. Saat berlari, saya akan fokus pada pernapasan dan gerakan tubuh. Pikiran-pikiran terkait pekerjaan akan menjadi terarah. Saya bisa melihat permasalahan secara gambaran besar, dan bisa memutuskan untuk memulai dari mana. Setelah lari, biasanya saya akan mendapatkan perasaan segar, berenergi dan positif untuk menyelesaikan masalah. Kok bisa ya? Kejadian di ata...