Saat ini, dunia usaha membutuhkan pelanggan
yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Pelanggan
jenis ini memiliki pengalaman yang sangat positif dengan bisnis dan merasa
sangat terhubung dengan merek tersebut. Mereka bahkan menjadi
"penjual" secara alami dengan merekomendasikan bisnis tersebut kepada
orang lain.
Saya baru saja membaca buku dengan judul raving fans karya Ken Blanchard dan Sheldon Bowles. Raving fans adalah pelanggan yang sangat setia dan mencintai produk atau layanan sebuah bisnis. Menurut Blanchard dan Bowles, memiliki raving fans merupakan tujuan utama bagi bisnis, karena mereka tidak hanya menjadi pelanggan tetap, tetapi juga membantu memperluas jangkauan bisnis dan menciptakan citra positif yang kuat.
Berikut adalah ringkasan buku ini. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian: "Menemukan Apa yang Pelanggan Inginkan", "Memberikan Layanan yang Sangat Luar Biasa", dan "Mengubah Pelanggan Menjadi Raving Fans".
1. Bagian pertama membahas pentingnya mengetahui apa yang diinginkan pelanggan Anda dan bagaimana memenuhi keinginan mereka. Hal ini melibatkan mengidentifikasi segmen pasar yang tepat dan mengembangkan produk atau layanan yang tepat untuk mereka.
Beberapa cara untuk mengetahui apa
yang diinginkan pelanggan seperti; mengadakan survei, meninjau umpan balik
pelanggan, dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung dapat membantu untuk
memahami perspektif pelanggan.
2. Bagian kedua membahas bagaimana
memberikan layanan yang sangat luar biasa kepada pelanggan. Hal ini melibatkan
mempekerjakan orang yang tepat, memberikan pelatihan yang tepat, dan
menciptakan lingkungan kerja yang mendukung.
Pastinya, perusahaan harus
mempekerjakan karyawan yang memenuhi kriteria tertentu dan memiliki
keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang tepat dalam memberikan layanan
pelanggan. Pelatihan dan pengembangan diperlukan untuk memastikan karyawan
memiliki keterampilan dan pengetahuan terbaru yang dibutuhkan untuk memberikan
layanan yang unggul.
3. Bagian ketiga membahas bagaimana
mengubah pelanggan menjadi raving fans. Ini melibatkan membangun hubungan yang
kuat dengan pelanggan dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa
setiap kali mereka berinteraksi dengan bisnis anda.
Membangun hubungan dengan pelanggan
dapat dilakukan seperti: melalui acara pelanggan, hadiah, atau promosi khusus.
Memberikan pengalaman pelanggan yang
luar biasa: perusahaan harus terus memperbaiki pengalaman pelanggan mereka dan
menawarkan nilai tambah, seperti fasilitas tambahan atau layanan gratis.
Menurut
saya, buku "Raving Fans" memberikan pandangan yang berguna tentang
bagaimana membangun pelanggan yang sangat setia dan memperkuat bisnis. Buku ini
memberikan banyak contoh nyata dan strategi praktis yang dapat diterapkan oleh
perusahaan dari semua ukuran dan industry.
Semoga
bermanfaat, Jufiandi
Komentar
Posting Komentar