Langsung ke konten utama

Hidup Ini Terlalu Singkat untuk Dihabiskan dalam Penyesalan dan Kecemasan: 10 tips untuk Hidup di saat ini.

Hidup dipenuhi dengan momen-momen berharga, kejadian tak terduga, dan emosi yang meledak.  Seringkali, kita begitu sibuk terjebak dalam penyesalan masa lalu atau cemas tentang masa depan, sehingga kita melewatkan keindahan yang ada di depan mata. Satu-satunya momen penting adalah momen saat ini.

Bagaimana Cara Hidup di Saat Ini? Berikut 10 tips di bawah ini tentang cara hidup di saat ini.

1.       Singkirkan Barang yang Tidak Dibutuhkan.

Minimalisme memaksa Anda untuk hidup di masa kini. Menyingkirkan barang-barang yang terkait dengan kenangan masa lalu akan membebaskan Anda dan berhenti terpaku pada masa lalu.  Begitu masa lalu tidak lagi memiliki kekuatan, Anda bisa mulai hidup di saat ini.

2.       Tersenyumlah.

Setiap hari penuh dengan kemungkinan yang tak terhingga! Awali hari dengan senyuman. Anda memegang kendali atas sikap Anda setiap pagi, tetaplah optimis dan penuh harapan. Lakukan ini dengan sengaja dan Anda akan mendapati diri Anda melakukannya setiap hari tanpa menyadarinya. 

3.       Nikmati Sepenuhnya Momen-Momen Saat Ini.

Seraplah sebanyak mungkin hal tentang hari ini - pemandangan, suara, bau, emosi, kemenangan, dan kesedihan. Ini ada dalam kehidupan kita sehari-hari, tetapi kita sering lupa untuk menerimanya dan benar-benar menghargainya. 

4.       Maafkan Luka Masa Lalu.

Jika Anda menyimpan kebencian terhadap orang lain karena luka masa lalu, pilihlah untuk memaafkan dan move on. Memang kesalahan itu milik mereka, tetapi membiarkannya memengaruhi suasana hati Anda hari ini adalah pilihan Anda. Lepaskan dan pilihlah untuk hadir di saat ini. 

5.       Cintai Pekerjaan Anda.

Jika Anda hanya "bertahan" di minggu kerja dan terus-menerus menunggu akhir pekan "untuk tiba", Anda sedang menyia-nyiakan 71% hidup Anda (5/7 hari). Ada dua solusi: cari pekerjaan baru yang Anda sukai, atau temukan sesuatu yang Anda hargai dari karier Anda saat ini. 

6.       Bermimpilah tentang Masa Depan, Tetapi Bekerjalah Keras Hari Ini.

Bermimpilah setinggi langit. Tetapkan tujuan dan rencana untuk masa depan. Tetapi bekerja keras hari ini  selalu menjadi langkah pertama untuk mewujudkan impian Anda besok.  Jangan biarkan mimpi tentang masa depan menggantikan hidup di saat ini. Bermimpi tentang masa depan hanya produktif jika dikombinasikan dengan tindakan yang diambil hari ini. 

7.       Jangan Terpaku pada Pencapaian Masa Lalu.

Jika Anda masih membicarakan apa yang Anda lakukan kemarin, itu berarti Anda belum berbuat banyak hari ini. Masih ada banyak waktu untuk membangun kesuksesan masa lalu dan menciptakan lebih banyak kenangan dan pencapaian untuk masa depan Anda. Di masa depan, Anda akan menghargai kenangan hari ini. 

8.       Berhenti Khawatir.

Anda tidak dapat sepenuhnya menghargai hari ini jika Anda terlalu khawatir tentang hari esok. Sadarilah bahwa hari esok akan datang, entah Anda mengkhawatirkannya atau tidak. Dan karena rasa khawatir tidak pernah menyelesaikan apapun untuk siapa pun, alihkan energi mental Anda ke tempat lain. 

9.       Pikirkan Solusi Baru untuk Masalah.

Dunia kita berubah begitu cepat sehingga sebagian besar solusi kemarin tidak lagi menjadi jawaban yang tepat hari ini. Jangan terjebak dalam mentalitas "tetapi itu cara kami selalu melakukannya". Solusi kemarin bukanlah solusi hari ini dan jelas bukan solusi masa depan. 

10.   Atasi Kecanduan.

Kecanduan dalam hidup Anda membuat Anda tertahan. Itu menghalangi Anda untuk menjalani hidup yang sepenuhnya bebas dan menghilangkan fokus Anda dari saat ini. Cari bantuan. Ambil langkah-langkah. Dan singkirkan pengaruhnya dari hidup Anda. Biarkan diri Anda hidup di saat ini bebas dari kecanduan. 

Belajar hidup di masa kini adalah  bahan penting dalam kehidupan yang bahagia.

Jika Anda hanya bisa hidup satu momen pada satu waktu, maka jadikanlah momen itu yang sedang Anda jalani saat ini.

Semangat! Semoga bermanfaat


Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 aspek menarik selama perjalanan ke Jerman

Saya mendapatkan pengalaman menarik selama perjalanan ke Jerman bersama keluarga.  Berikut lima aspek menarik yang mencerminkan keunikan negara ini. 1. Orang Jerman cukup ramah. Ketika berinteraksi dengan orang Jerman, terasa ramah. Walau kesulitan mengerti bahasa Inggris, mereka berusaha menjawab pertanyaan kami.  2. Sistem transportasi umum yang ada menurut saya efisien sekali, sistem tiket manual dari ticket vending machine dan menggunakan aplikasi bisa. Berlaku untuk bis, trem, kereta dalam kota (seperti MRT) dan kereta antar kota. 3. Kemandirian dari orang-orang Jerman. Beberapa saya lihat para lanjut usia yang pergi sendiri dengan alat bantu. Tentunya fasilitas yang ada mendukung seperti bis yang miring menyesuaikan dengan tinggi trotoar dan kereta yang memiliki perpanjangan lantai, sehingga memudahkan penumpang berkursi roda. 4. Lanskap Jerman. Banyak bangunan tua yang terawat dan menjadi obyek turis. Setiap sudut Jerman memberikan cerita dan karakter uniknya sendiri

Evaluasi target menulis blog di tahun 2023

Di awal tahun 2024 ini, ternyata target saya menulis di blog ini lebih sedikit dari goals awal. Saya menuliskan goals saya untuk menulis satu artikel setiap minggu, artinya total akan ada 52 artikel di blog saya.  Ternyata total ada 14 artikel saja ;)  Menurut saya, dalam perjalanan menuju kesuksesan, terkadang kita menghadapi momen di mana target yang ditetapkan tidak tercapai. Ini adalah bagian normal dari pertumbuhan dan pengembangan diri.  Di satu titik, mungkin terasa mengecewakan, tetapi perlu diingat bahwa kegagalan adalah pelajaran berharga.  Menurut saya, berikut adalah lima poin penting yang perlu diperhatikan setelah menghadapi target yang tidak tercapai: 1. Refleksi dan Evaluasi: Pertama-tama, refleksikan alasan di balik ketidakberhasilan target. Evaluasi secara jujur untuk memahami faktor-faktor yang mungkin berkontribusi, sehingga dapat dijadikan dasar perbaikan ke depan. 2. Terima dan Pelajari: Terimalah bahwa kegagalan adalah bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. Sa

RINGKASAN HASIL BACA BUKU 13 PRINSIP PENTING DALAM PENJUALAN – JOE GIRARD

Halo Semua, Setelah sekian lama belum menuliskan hal-hal yang bisa menjadikan tindakan untuk mencapai kesempurnaan (Action to Chase Excellent), saya menilai buku 13 PRINSIP PENTING DALAM PENJUALAN – JOE GIRARD ini adalah buku yang berisikan informasi sangat lengkap dan rinci untuk hal-hal yang perlu dilakukan dalam mendapatkan penjualan baik penjualan produk anda atau penjualan potensi diri anda. Berikut ringkasannya: PERSIAPAN Persiapan selalu dimulai dari diri sendiri, dan persiapan itu adalah: 1)       Buat pilihan sehat Olahraga   Memiliki kebiasaan baik   Memiliki pola hidup sehat 2)       Bersikap positif Menelpon lebih banyak Menindaklanjuti kontak dengan lebih serius Memperbanyak surat langsung Memperluas kontak 3)       Tata hidup anda (Mengelola waktu) Mempersiapkan daftar prospek dan hubungi Membuat janji   Memiliki informasi mengenai prospek Menata dokumentasi sehingga mudah menemukan informasi Membuat skala prioritas Menentukan target